Sabtu, 25 Februari 2012

Apa itu Meditasi?

Apa itu meditasi - bagaimana bermeditasi


Meditasi adalah sekelompok teknik pelatihan mental. Anda dapat menggunakan meditasi untuk meningkatkan kesehatan mental dan kapasitas, dan juga untuk membantu meningkatkan kesehatan fisik. Beberapa teknik ini sangat sederhana, sehingga Anda dapat mempelajarinya dari buku atau artikel, yang lainnya membutuhkan bimbingan oleh guru meditasi yang berkualitas.

APAKAH MEDITASI

Sebagian besar teknik yang disebut meditasi meliputi komponen-komponen:

1. Anda duduk atau berbaring dalam posisi santai.
2. Anda menghirup cukup dalam untuk mendapatkan cukup oksigen. Ketika Anda bernapas, Anda mengendurkan otot Anda sehingga paru-paru Anda dengan baik dikosongkan, tapi tanpa melelahkan.
3. Anda berhenti berpikir tentang masalah sehari - hari dan penting.
4. Anda berkonsentrasi pengalaman anda pada beberapa suara, beberapa kata yang mengulang, gambar, beberapa konsep abstrak atau perasaan tertentu. Seluruh perhatian Anda harus menunjuk objek yang Anda telah memilih untuk berkonsentrasi.
5. Jika beberapa pemikiran asing menyelinap masuk, Anda hanya menghentikan pemikiran asing, dan kembali ke obyek meditasi.

Teknik-teknik meditasi yang berbeda - beda sesuai dengan tingkat konsentrasi, dan bagaimana pikiran asing ditangani. Dengan beberapa teknik, tujuannya adalah untuk berkonsentrasi sehingga tidak ada pikiran asing terjadi sama sekali.

Dalam teknik lainnya, konsentrasi lebih santai sehingga pikiran asing dengan mudah muncul. Ketika pikiran-pikiran asing ditemukan, satu berhenti ini dan akan kembali ke meditasi murni dengan cara yang santai. Pikiran datang, sering akan tentang hal yang Anda lupa atau ditekan, dan memungkinkan Anda untuk menemukan kembali bahan memori tersembunyi. Penemuan kembali ini akan memiliki efek psikoterapi.


PENGARUH MEDITASI

Meditasi memiliki efek sebagai berikut:

1. Meditasi akan memberikan istirahat dan rekreasi.
2. Anda belajar untuk bersantai.
3. Anda lebih berkonsentrasi belajar pada pemecahan masalah.
4. Meditasi sering memiliki efek yang baik pada tekanan darah.
5. Meditasi memiliki efek menguntungkan pada proses tubuh bagian dalam, seperti sirkulasi, pernapasan dan pencernaan.
6. Meditasi secara teratur akan memiliki efek psychotherapeutically.
7. Meditasi secara teratur akan memperlancar sistem kekebalan tubuh.
8. Meditasi biasanya pleacent.


PERBEDAAN ANTARA HIPNOSIS DAN MEDITASI

Hipnosis dapat memiliki beberapa efek santai dan psikoterapi sama dengan meditasi. Namun, bila Anda bermeditasi Anda berada dalam kendali diri; oleh hipnosis Anda membiarkan beberapa orang atau beberapa perangkat mekanis mengendalikan Anda. Juga hipnosis tidak akan memiliki efek pelatihan pada kemampuan untuk berkonsentrasi





Sebuah BENTUK SEDERHANA DARI MEDITASI

Berikut ini adalah bentuk sederhana dari meditasi:

1. Duduklah di kursi yang baik dalam posisi yang nyaman.
2. Tenang semua otot Anda.
3. Berhenti berpikir tentang apa pun, atau setidaknya mencoba untuk tidak memikirkan apa-apa.
4. Nafas keluar, semua otot santai dalam alat pernapasan Anda.
5. Ulangi berikut dalam 10 - 20 menit:

-- Nafas dalam begitu dalam yang Anda merasa Anda mendapatkan cukup oksigen.
-- Nafas keluar, santai dada dan diafragma sepenuhnya.
-- Setiap kali Anda bernapas, berpikir kata "satu" atau lain kata sederhana dalam diri Anda. Anda harus berpikir kata dengan cara yang berkepanjangan, dan agar Anda mendengarnya di dalam diri Anda, tetapi Anda harus mencoba untuk menghindari menggunakan mulut atau suara.

6. Jika pikiran asing masuk, hanya berhenti pikiran-pikiran ini dengan cara santai, dan terus berkonsentrasi pada pernapasan dan kata yang mengulang.

Saat Anda melanjutkan meditasi ini, Anda harus merasa lebih santai terus dalam pikiran dan tubuh Anda, merasa bahwa Anda bernapas mantap lebih efektif, dan bahwa sirkulasi darah ke seluruh tubuh Anda mendapatkan lebih efisien. Anda juga mungkin merasakan kesenangan mental yang meningkat di seluruh meditasi.


PENGARUH MEDITASI PADA PENYAKIT

Sebagaimana jenis pelatihan, meditasi mungkin dibesar-besarkan sehingga Anda lelah dan aus. Oleh karena itu Anda tidak harus bermeditasi begitu lama atau lebih terkonsentrasi yang Anda merasa lelah atau mental dikosongkan.

Meditasi terkadang memberikan masalah bagi orang yang menderita penyakit mental, epilepsi, masalah jantung serius atau penyakit saraf. Di sisi lain, meditasi mungkin bisa membantu dalam pengobatan ini dan kondisi lainnya.

Orang yang menderita kondisi seperti itu harus memeriksa apa efek berbagai jenis meditasi terhadap jenis mereka sendiri masalah kesehatan, sebelum mulai berlatih meditasi, dan berhati-hati jika mereka memilih untuk mulai bermeditasi. Mungkin bijaksana untuk belajar meditasi dari seorang psikolog, guru yang berpengalaman atau tenaga kesehatan yang menggunakan meditasi sebagai modul pengobatan untuk penyakit yang sebenarnya.

Dikutip dari;
http://www.readbud.com/Articles

Tidak ada komentar:

Posting Komentar